Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Pariwisata

Keindahan Pantai Serang Blitar: Pasir Putih, Ombak Menantang, dan Upacara Tradisional yang Memikat

9
×

Keindahan Pantai Serang Blitar: Pasir Putih, Ombak Menantang, dan Upacara Tradisional yang Memikat

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Blitar, 13 Januari 2024 – Pantai Serang, yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, menjadi destinasi wisata yang menawan. Dengan jarak sekitar 45 km sebelah tenggara Kota Blitar, pantai ini menyajikan keindahan alam, budaya, dan kuliner yang menggoda.

Pantai Serang Blitar memukau pengunjung dengan hamparan pasir putih yang luas, ombak yang cukup besar, dan lingkungan asri. Tidak hanya itu, pantai ini juga menjadi saksi upacara tradisional larung sesaji setiap tanggal 1 Sura, yang menambah daya tariknya.

Example 300x600

Berbagai daya tarik wisata bisa dinikmati di Pantai Serang Blitar, mulai dari keindahan pantai pasir putih hingga budaya dan kuliner lokal. Berikut beberapa daya tarik yang dapat ditemukan:

  1. Pantai Pasir Putih
    Pantai Serang Blitar terdiri dari tiga kompleks pantai dengan keunikannya masing-masing. Pantai utama sering digunakan untuk upacara larung sesaji, sedangkan pantai kedua dan ketiga menawarkan pasir putih bersih dan landai. Pengunjung dapat bermain air, berjemur, atau berfoto-foto di pantai ini.
  2. Ombak Menantang
    Pantai Serang Blitar berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombaknya cukup besar dan menantang. Bagi penggemar berselancar, pantai ini menjadi tempat yang cocok. Namun, tetap perlu berhati-hati bagi yang tidak terbiasa dengan ombak besar.
  3. Upacara Larung Sesaji
    Setiap tanggal 1 Sura, Pantai Serang Blitar menjadi saksi upacara tradisional larung sesaji. Masyarakat setempat berkumpul untuk mengucapkan syukur dan memohon keselamatan kepada Tuhan. Upacara ini melibatkan pembawaan sesaji berupa bunga, buah, kue, yang dilemparkan ke laut. Wisatawan pun turut menyaksikan dan ikut berpartisipasi.
  4. Kuliner Khas
    Pantai Serang Blitar tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kuliner khas yang lezat. Salah satu yang patut dicoba adalah lobster segar atau masakan lobster yang tersedia di warung sekitar pantai. Selain itu, terdapat pilihan lain seperti ikan bakar, sate lilit, nasi goreng, dan minuman segar seperti kelapa muda dan es buah.

Fasilitas wisata yang disediakan di Pantai Serang Blitar meliputi toilet, tempat parkir, dan area bermain anak. Pantai ini buka setiap hari 24 jam, namun pengunjung yang ingin menikmati matahari terbit atau terbenam disarankan datang di pagi atau sore hari.

Harga tiket masuk Pantai Serang Blitar adalah Rp10.000,00 per orang, tetapi bisa berubah mengikuti kebijakan pengelola wisata setempat.

Dengan keindahan alam dan beragam kegiatan menarik, Pantai Serang Blitar menjadi pilihan yang tepat untuk liburan keluarga. Selamat berlibur!

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *