Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Hukum & Kriminal

Warga Kota Blitar Terlibat Kasus Jamu Ilegal: Tersangka Ditangkap oleh Kejaksaan Negeri Blitar

11
×

Warga Kota Blitar Terlibat Kasus Jamu Ilegal: Tersangka Ditangkap oleh Kejaksaan Negeri Blitar

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Blitar, 15 Januari 2024 – Prabudianto, seorang warga Kelurahan/Kecamatan Sukorejo di Kota Blitar, menemui kelesuan di hadapan penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Blitar. Pria ini ditangkap karena diduga terlibat dalam peredaran ribuan botol jamu ilegal dan berbahaya di beberapa wilayah.

Wahyu Susanto, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Blitar, menjelaskan penerimaan pelimpahan tersangka dan barang bukti peredaran jamu ilegal dari BPOM Surabaya.

Example 300x600

“Kami menerima pelimpahan kasus peredaran jamu ilegal ini dari penyidik BPOM Surabaya. Penyidik sebelumnya mendapatkan informasi pengiriman jamu ilegal di Pasuruan,” ujar Wahyu pada Senin (15/01/24).

Pembongkaran kasus ini dimulai ketika penyidik BPOM Surabaya mengikuti truk yang mengangkut jamu ilegal hingga ke Kota Blitar, lokasi tinggal tersangka. Dengan temuan ini, BPOM meminta bantuan Polres Blitar Kota untuk melakukan pemantauan. Hasilnya, saat dilakukan pemeriksaan di rumah Prabudianto, ditemukan 19.768 botol jamu ilegal.

Lebih dari itu, tiga sampel jamu yang diuji ternyata mengandung bahan kimia berbahaya. Antara lain, merk Jamu Jawa Tradisional Raja Tawon, Jamu Jawa Asli Dua Singa, dan Jamu Pegel Linu.

Prabudianto membeli toko jamu tersebut pada 2021 dari seseorang yang mengetahui bahwa pengelola sebelumnya merupakan narapidana yang keluar dari penjara terkait masalah serupa. Sejak itu, jamu ilegal banyak diminati oleh pembeli.

Penggunaan bahan kimia dalam produk obat tradisional adalah pelanggaran, karena dapat membahayakan kesehatan konsumennya. Tersangka saat ini ditahan di Lapas Kelas IIb Blitar, dijerat dua pasal terkait: Pasal 60 angka 10 UU RI No. 6/2023 tentang Cipta Kerja, dan Pasal 138 ayat (2) dan ayat (3) UU RI No. 17/2023 tentang Kesehatan.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *