Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Bisnis

Warga Blitar Antusias Berburu Entung Jati di Musim Hujan

8
×

Warga Blitar Antusias Berburu Entung Jati di Musim Hujan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Blitar, 16 Januari – Keseruan berburu entung atau kepompong ulat jati memasuki puncaknya di Hutan Jati Lodoyo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar, menyambut musim hujan pada Selasa (16/1/2024). Sejumlah warga setempat dengan penuh semangat jongkok berjam-jam untuk mengumpulkan entung yang bersembunyi di balik daun kering pohon jati yang turun ke tanah.

Supiah (42), seorang warga Desa Kaligrenjeng, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, adalah salah satu di antara mereka. Ia bersama beberapa tetangganya rela menempuh perjalanan sejauh 18 kilometer dari rumahnya untuk mencari entung di Hutan Jati Lodoyo, Kecamatan Sutojayan.

Example 300x600

“Tadi sampai sini (Hutan Jati Lodoyo) sekitar pukul 08.00 WIB. Berangkat rombongan naik sepeda motor. Dari Wonotirto ada 25 orang yang berangkat cari entung di sini,” kata Supiah.

Meski harus menjalani perjalanan jauh, Supiah dan tetangganya sudah tiga hari ini berada di Hutan Jati Lodoyo untuk mencari entung. Mereka biasanya berburu entung mulai pukul 08.00 WIB hingga menjelang sore pukul 14.00 WIB.

“Dapatnya tidak tentu, setengah hari kadang dapat tujuh ons sampai satu kilogram,” ujarnya.

Supiah, seorang ibu rumah tangga yang memiliki dua anak, melihat kegiatan berburu entung sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Harga entung jati mencapai Rp 100.000 sampai Rp 125.000 per kilogram, setara dengan harga daging sapi.

“Dalam musim hujan ini, biasanya sudah ada pemesan entung jati. Mereka mengolah entung jati untuk dijadikan lauk makan,” tambahnya.

Entung jati yang menjadi buruan warga ini tersembunyi di sela-sela lipatan daun jati kering yang jatuh di tanah. Proses mencari entung tidaklah mudah, dan warga harus telaten serta bersabar untuk membuka-buka daun jati yang berserakan di tanah.

Tidak hanya Supiah, Misidi (60), seorang buruh tani dari Wonotirto, juga rela meninggalkan pekerjaannya untuk ikut dalam serunya mencari entung di Hutan Jati Lodoyo. Mereka menunjukkan antusiasme tinggi dalam menjalani kegiatan ini, menjadikan musim hujan sebagai kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berburu entung jati.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *