Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
News

Tinggalkan Knalpot Brong, Polres Trenggalek Gandeng Sound Level Meter

10
×

Tinggalkan Knalpot Brong, Polres Trenggalek Gandeng Sound Level Meter

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Trenggalek, 24 Januari 2024 – Bagi warga Trenggalek yang masih berani menggunakan knalpot brong, ada kabar menarik untuk diantisipasi. Polres Trenggalek kini memiliki senjata baru dalam menangani masalah kebisingan kendaraan, yakni Sound Level Meter. Alat ini dirancang khusus untuk mengukur tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh knalpot kendaraan.

Kompol Budi Setiono, S.H., Kasi Tatib Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim, yang secara langsung menyerahkan dan memberikan pelatihan penggunaan alat tersebut di Satlantas Polres Trenggalek, mengungkapkan bahwa Sound Level Meter diberikan dalam rangka penanganan dan penindakan penggunaan kendaraan bermotor yang tidak sesuai spesifikasi teknis, terutama kebisingan dari knalpot brong pada Rabu (24/1).

Example 300x600

“Silahkan digunakan sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan. Alat ini bisa mengecek tingkat kebisingan sesuai level dan bisa digunakan sebagai bukti pendukung,” jelas Kompol Budi.

Proses penggunaan alat ini cukup mudah, hanya dengan mendekatkan perangkat ke knalpot, dan hasil pengukuran langsung dapat dicetak menggunakan alat ini sebagai bukti pendukung. Batasan kebisingan bagi kendaraan bermotor juga telah ditetapkan, di mana kendaraan dengan kapasitas kurang dari 80 CC maksimal 77 dB, 80-147 CC maksimal 80 dB, dan lebih dari 147 CC maksimal 83 dB.

“Penindakan knalpot brong dan balap liar tidak hanya bersifat sementara, tetapi berkesinambungan. Yang ditindak bukan hanya pengguna saja, tapi juga mencakup seluruh rantai distribusi, dapat dikenakan pasal 285 Undang-Undang nomor 22 tahun 2009,” tambahnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Mulyani, S.E., M.Si., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi atas diterimanya Sound Level Meter. Menurutnya, perangkat ini sangat membantu dalam mendukung tugas Satlantas, khususnya dalam penindakan penggunaan knalpot brong di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Tidak semua Polres mendapatkan perangkat ini. Alhamdulillah, Polres Trenggalek salah satu yang mendapatkannya. Kita rawat dan manfaatkan semaksimal mungkin untuk menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif,” ucapnya.

Dengan peralatan canggih ini, diharapkan penindakan terhadap penggunaan knalpot brong dapat lebih efektif, bahkan bisa mencapai Trenggalek zero knalpot brong yang diinginkan oleh masyarakat.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *