Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Hukum & Kriminal

Komplotan Curanmor Dibongkar: 3 Tersangka Diringkus Polresta Malang Kota

10
×

Komplotan Curanmor Dibongkar: 3 Tersangka Diringkus Polresta Malang Kota

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Malang, 31 Januari 2024 – Satuan Reserse Kriminal Polresta Malang Kota berhasil menggulung komplotan pencuri kendaraan bermotor (curanmor) yang telah meresahkan warga. Tiga tersangka utama berhasil diamankan dalam operasi ini, membuka tabir kejahatan yang terjadi sejak pertengahan Januari 2024.

Ketiga tersangka yang berhasil diringkus adalah Rici alias Bejo (32) warga Malang, Rofi alias Dableh (28) warga Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, dan Jalal (53) warga Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Example 300x600

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto, mengungkapkan bahwa penyelidikan dimulai setelah petugas kehilangan jejak pelaku curanmor yang akan beraksi di wilayah Kota Malang. “Setelah pembuntutan yang tidak membuahkan hasil, kami melakukan penyelidikan dan pendalaman informasi,” kata Kompol Danang Yudanto.

Pada tanggal 10 Januari 2024, petugas berhasil menemukan tempat parkir yang digunakan sebagai penyimpanan 15 sepeda motor curian. Lokasi tersebut terletak di wilayah Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.

Tersangka Jalal, pemilik tempat parkir tersebut, berhasil ditangkap. Dari interogasinya, diketahui bahwa eksekutor pencurian adalah Rofi dan Rici. Keduanya ditangkap di pinggir jalan daerah Nongkojajar Desa Wonosari Kabupaten Pasuruan pada tanggal 28 Januari 2024.

Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk kunci T beserta mata kunci, 4 plat nomor, alat pembuka magnet kontak, dan 15 sepeda motor curian.

“Modus operandi komplotan ini adalah mencuri sepeda motor di Kota Malang. Motor curian kemudian dibawa ke tempat parkir milik Jalal dan dijual melalui media sosial dengan harga bervariasi, antara Rp 3 juta hingga lebih,” ungkap Kompol Danang Yudanto.

Dari hasil penyelidikan, terungkap bahwa tersangka Rici merupakan residivis kasus yang sama dan baru keluar dari penjara pada September 2023.

Atas perbuatannya, Rofi dan Rici dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara, sementara Jalal dijerat Pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. Komplotan ini beraksi selama kurun waktu September 2023 hingga Januari 2024, dengan pengakuan tersangka mencuri motor hingga 50 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Saat ini, Rofi akan kami limpahkan ke Polsek Turen karena ada TKP di sana. Dalam kasus ini, sudah ada 29 Laporan Polisi (LP) dari korban,” tambah Kompol Danang Yudanto.

Tersangka Rici mengakui telah beraksi mencuri di berbagai lokasi, dan sepeda motor curiannya selalu dibawa ke wilayah Pasuruan. “Selama kurun waktu September 2023 hingga Januari 2024, sudah mencuri motor hingga 50 TKP,” ungkap Rici. Kesuksesan polisi dalam membongkar jaringan curanmor ini memberikan harapan bagi warga dan menunjukkan komitmen aparat kepolisian dalam memberantas tindak kejahatan di wilayah Malang.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *