Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Bisnis

Tomat Meroket 10 Kali Lipat Harganya di Awal 2024

17
×

Tomat Meroket 10 Kali Lipat Harganya di Awal 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Kediri – Harga tomat di pasaran Kediri mengalami kenaikan signifikan di awal tahun 2024, setelah sempat anjlok di Desember 2023. Para petani yang sebelumnya kelimpungan karena harga rendah, kini menghadapi lonjakan harga yang mencapai sepuluh kali lipat.

Pada Desember 2023, harga tomat di pasar tradisional kawasan Kediri hanya sebesar Rp 2 ribu. Kondisi ini membuat banyak petani memilih untuk tidak memanen tomat karena dianggap tidak menguntungkan.

Example 300x600

Petani tomat di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, bahkan ada yang sengaja tidak memetik tomat karena biaya petik tidak sebanding dengan harga jual. Suwito, salah satu petani, menjelaskan bahwa biaya menyewa tenaga kerja untuk memetik tomat tidak dapat kembali modal, sehingga tanaman tersebut dibiarkan tidak dipanen.

Namun, situasi berubah di awal tahun 2024. Harga tomat melonjak drastis menjadi Rp 20 ribu atau naik sepuluh kali lipat dari harga sebelumnya.

Romadhon, seorang pedagang tomat di Pasar Ngronggo, menjelaskan bahwa salah satu faktor penyebab kenaikan harga tomat adalah cuaca. Musim hujan mempengaruhi hasil panen dan risiko gagal panen semakin besar. Permintaan tomat lokal dari Kediri juga meningkat dari daerah lain.

“Faktor cuaca karena hujan terus. Kemudian banyak kirim juga ke luar daerah,” ujar Romadhon.

Hari ini, harga tomat di pasaran mencapai Rp 19 ribu untuk tomat eceran di grosiran. Sementara itu, harga tomat yang sudah masuk ke pedagang bukan tangan pertama bisa lebih tinggi.

Dengan melihat kondisi saat ini, diprediksi harga tomat akan tetap tinggi mengingat curah hujan yang masih tinggi, sehingga petani dan pedagang berharap situasi ini dapat memberikan keuntungan yang layak bagi para petani tomat.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *