Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Pariwisata

Konservasi Penyu di Trenggalek: Menjaga Warisan Alam yang Berharga

11
×

Konservasi Penyu di Trenggalek: Menjaga Warisan Alam yang Berharga

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Trenggalek, 7 Februari 2024 – Pesona alam Trenggalek kembali menarik perhatian dengan hadirnya Konservasi Penyu yang terletak di Kecamatan Panggul, tepatnya di Pantai Taman Kili Kili, Desa Wonocoyo. Konservasi ini tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga mengangkat kesadaran akan pentingnya menjaga keberlangsungan hidup penyu.

Konservasi Penyu di Trenggalek ini menempatkan Desa Wonocoyo dalam sorotan nasional, bahkan menjadi peserta dalam perlombaan Program Iklim (Proklim) beberapa waktu lalu.

Example 300x600

Pemerintah Kabupaten Trenggalek memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan konservasi penyu di daerah pesisir selatan ini, seiring dengan penetapan Konservasi Penyu di Pantai Taman Kili Kili sebagai yang terbaik di Jawa Timur oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Penyu dianggap memiliki peran vital dalam ekosistem laut, dan konservasi ini bertujuan untuk melindungi dan memperbanyak populasi penyu di perairan sekitarnya.

Sebelum menjadi Konservasi Penyu, Pantai Taman Kili Kili lebih dikenal sebagai Pantai Kambal, tempat penyu bertelur dan berkembang biak. Namun, aktivitas perburuan penyu untuk dikonsumsi secara ilegal membuat kondisi populasi penyu semakin terancam.

Konservasi Penyu di Pantai Taman Kili Kili merupakan langkah serius dalam menjaga keberadaan penyu dan ekosistemnya. Didukung oleh regulasi dari Desa Wonocoyo, konservasi ini berhasil menyelamatkan banyak tukik dan mengembalikannya ke habitat alaminya setiap tahun.

Untuk mengunjungi Konservasi Penyu ini, pengunjung dapat memilih jalur sepeda motor atau mobil. Jalur kendaraan tersebut dapat diakses melalui jalan ke arah Pantai Pelang.

Tidak hanya menawarkan pengalaman alam yang menarik, pengunjung juga tidak perlu khawatir tentang biaya masuk, karena tiket masuk ke Pantai Taman Kili Kili gratis. Pengelola juga menyediakan fasilitas gazebo dan aula pertemuan untuk kenyamanan pengunjung.

Dengan adanya Konservasi Penyu di Trenggalek, harapannya tidak hanya sebagai destinasi wisata, tetapi juga sebagai upaya konkret dalam pelestarian alam dan ekosistem laut yang semakin terancam.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *