Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Peristiwa

Badai Melanda: Pohon Jati 20 Meter Tumbang di Trenggalek, Merusak Pagar Rumah

19
×

Badai Melanda: Pohon Jati 20 Meter Tumbang di Trenggalek, Merusak Pagar Rumah

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Trenggalek, 26 Februari 2024 – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, pada sore hari tanggal 26 Februari. Akibatnya, sebuah pohon jati setinggi 20 meter roboh. Pohon tersebut menimpa kabel listrik dan menyebabkan tiang listrik roboh, merusak pagar rumah warga.

Hinn Bonke Samaliwu dari TRC Pusdalops PB – BPBD Trenggalek memberikan keterangan bahwa kejadian ini terjadi sekitar pukul 14.00 WIB di Dusun Jeruk RT 14 RW 03, Desa Kedung Sigit. Selain merusak kabel listrik, pohon tumbang itu juga menimpa pagar rumah yang dimiliki oleh Minto, warga setempat yang berusia 65 tahun.

Example 300x600

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Trenggalek segera merespons laporan tersebut.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 14.45 WIB dan langsung menuju ke lokasi kejadian,” ujar Hinn Bonke Samaliwu.

Proses evakuasi pohon tumbang melibatkan personel dari berbagai instansi, termasuk BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, PLN, dan masyarakat setempat.

“Evakuasi berlangsung sekitar dua jam dan selesai pada pukul 17.05 WIB,” kata Bonke.

Tim BPBD menggunakan mobil TRC dan peralatan yang sesuai untuk memotong dan membersihkan material pohon yang tumbang. Gergaji mesin digunakan untuk memotong batang pohon dan membersihkan material pohon dari lokasi kejadian.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, pagar rumah Bapak Minto mengalami kerusakan,” tambah Hinn Bonke. “Kerja sama semua pihak membuat proses evakuasi berjalan lancar,” katanya.

Bonke juga mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan deras disertai angin kencang.

“Jika melihat pohon yang berpotensi tumbang, segera laporkan kepada pihak terkait agar tindakan pencegahan dapat segera dilakukan,” pungkasnya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *