Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 970x250
Peristiwa

Truk Kayu Jati Curian Diamankan, Sopir Kabur!

17
×

Truk Kayu Jati Curian Diamankan, Sopir Kabur!

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Blitar – Belasan gelondong kayu jati ilegal diduga curian berhasil diamankan oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar. Insiden ini terjadi ketika truk pengangkut kayu jati ilegal tiba-tiba ditinggalkan oleh sopirnya saat petugas melakukan penyergapan.

Menurut informasi dari KBKPH Kesamben, Mujiono, kejadian ini bermula pada hari Sabtu, tanggal 24 februari 24, sekitar pukul 11:00 WIB. Ribut Santoso, Komandan Regu Polisi Hutan (Polhut) KPH Blitar, memberitahu Mujiono bahwa ada truk bermuatan kayu jati yang dicurigai berasal dari wilayah RPH Ringinrejo BKPH Kesamben.

Example 300x600

Mujiono segera merespons panggilan tersebut dan berkoordinasi dengan petugas lainnya. Mereka berhasil menghentikan truk tersebut di selatan Pasar Bantengan Desa Tulungrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar, sekitar pukul 13:00 WIB. Setelah diperiksa bersama, ternyata truk tersebut mengangkut kayu jati ilegal.

“Pihak Perhutani berkoordinasi dengan anggota Polres Blitar dan mengusulkan agar barang bukti tersebut diturunkan di TPK Kesamben untuk dilakukan penelusuran lebih lanjut terhadap asal muasal kayu jati tersebut,” ungkap Mujiono.

Pada hari Minggu tanggal 25 Pebruari 2024, tim Perhutani melakukan Lacak Balak ke hutan wilayah RPH Ringinrejo BKPH Kesamben. Mereka berhasil menemukan tiga pohon yang identik dengan barang bukti yang diamankan sebelumnya. Temuan ini kemudian dilaporkan kepada Polres Blitar.

“Kami akan melaporkan dan menyerahkan barang bukti kendaraan beserta muatan kayu jati ke Polres Blitar untuk penanganan lebih lanjut,” tambah Mujiono.

Sementara itu, ADM Perhutani KPH Blitar, Andy Iswindarto, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan tentang adanya pembalakan liar di wilayah Kecamatan Wates Kabupaten Blitar.

“Kami sangat menyesalkan tindakan pembalakan liar ini. Kami akan menindak tegas setiap pelanggaran terhadap hutan di wilayah KPH Blitar,” tegas Andy.

Perum Perhutani KPH Blitar berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas ilegal yang merugikan hutan. Mereka berharap kerjasama dengan berbagai pihak dapat membantu dalam meminimalisir kasus pembalakan liar di wilayah tersebut.

Perlu dicatat bahwa pada pertengahan tahun 2023, terjadi kasus ilegal logging yang lebih besar yang melibatkan oknum kepala desa di wilayah Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan oleh Polres Kabupaten Blitar.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *